Contoh Proposal
PROPOSAL KEGIATAN USAHA
“ PIZZA MINI KEJU
STRAWBERRY ”
DI
SUSUN OLEH
NAMA : - M.Rizal
KELAS :
MD 31
Mata
Kuliah : Kewirausahaan
Universitas Bina darma
Palembang
I.LATAR BELAKANG
Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai
bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar
dan dari yang murah hingga sampai yang mahal. Dalam kebutuhan sehari-hari
banyak sekali aktivitas yang dijalani dan juga pasti perlu memiliki makanan
yang sehat dan bermanfaat buat tubuh. Makanan-makanan memang sudah banyak
sekali yang menjualnya tetapi makanan ini begitu sangat sederhana dan baik
dikonsumsi ketika malam hari agar terlihat lebih istimewah dipandangan
masyarakat. Dengan makanan ini dilakukan dengan cara pembuatan yang sederhana
dengan lebih baik dan higienis begitu juga dengan harga yang terjangkau dan
banyak pula masyarakat yang berminat untuk membelinya dengan rasa yang cukup
enak,nikmat,dan lezat.
Oleh
karena itu saya memilih jenis usaha yaitu “Pizza keju strowberi” untuk
dijualnya karena makanan ini merupakan makanan selingan dan baik untuk
dikonsumsi.
II.TUJUAN
Tujuan
saya memilih jenis usaha ini yaitu :
1.Mencari
keuntungan / laba.
2.Menarik
minat konsumen untuk merasakan makanan yang sudah cukup terkenal.
3.Mencapai
target penjualan.
III.SEGMENTASI PRODUK
-Menganalisis
potensi pasar
Dalam
menjalankan usaha ini harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha
yang dijalani dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat (konsumen).
-Menentukan objek pasar
Dalam
menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah
dijangkau masyarakat (konsumen).
- Menetapkan target / sasaran pasar
Dalam
menjalankan usaha harus menetapkan target / sasaran pasar usaha dengan cara
melihat perbedaannya agar lebih mudah dijangkau oleh pembeli dalam membelinya.
IV.KEUNGGULAN PRODUK
Keunggulan
dari produk ini yaitu :
1.Memiliki
berbagai macam-macam bentuk
2.Memiliki berbagai macam-macam rasa
3.Bahan
produk yang higienis
V.ANALISA SWOT
Setiap
kegiatan untuk memulai usaha saya harus mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan
atau pesaing,yaitu melalui analisis SWOT :
1.Strength
(kekuatan)
Kekuatan
dari produk ini ialah :
1.Menjual
produk untuk semua kalangan masyarakat.
2.1
(satu) produk terdiri dari beberapa macam rasa.
3.Bahan
produk yang terjamin dan higienis.
2.Weakness
(kelemahan)
Kelemahan dari produk ini ialah :
1.Tidak
dapat taham lama.
2.Produknya
mudah ditiru.
3.Opportunity
(peluang)
Peluangnya
ialah :
1.Tempat
strategis.
2.Fasilitas
yang cukup memadai.
4.Threath
(ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk dengan
harga yang tidak terlalu mahal.
VI.ANALISA 4P
1.Product
(produk)
Produk
yang dijual adalah “Pizza keju strowberi” yang merupakan makanan selingan
sehari-hari
2.Price
(harga)
Harga
perporsi Rp. 10.000 karena harga ini sangat
terjangkau dan relative murah.
3.Promotion (promosi)
Dalam
melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat dengan
promosi disetiap pembelian 1 paket dengan isi 5 porsi akan memberikan diskon
10% dari harga tersebut.
4.Place
(tempat)
Tempat
yang dipilih yaitu di sekitar kampus bina darma palembang karena letaknya cukup
strategis dan mudah dijangkau masyarakat (konsumen).
VII. Cara membuat:
1. Kulit:
1. Kulit:
Campur tepung terigu, gula
pasir, ragi instan, dan susu bubuk. Aduk rata. Masukkan air sedikit demi
sedikit sambil diuleni hingga kalis. Masukkan margarin dan garam. Uleni hingga
elastis. Diamkan selama 30 menit hingga mengembang. Kempiskan adonan, bagi dua,
bentuk bulat, diamkan selama 10 menit. Pipihkan adonan dan giling tipis bentuk
bulat. Letakkan di loyang yang dioles tipis margarin. Tusuk-tusuk adonan dengan
garpu. Diamkan selama 30 menit hingga mengembang. Panggang selama 12 menit
dengan api bawah suhu 190 derajat Celcius hingga matang.
2. Topping:
Campur selai dan stroberi.
Panaskan sebentar asal larut, dinginkan.
3. Saus:
Rebus susu cair, garam, dan gula pasir hingga
mendidih. Masukkan larutan tepung maizena, masak sambil diaduk hingga
mengental. Matikan api, masukkan margarin dan keju parut. Aduk rata dan biarkan
hangat.
4. Oleskan saus di atas kulit,
sendokkan topping. Tabur keju di sisi paling luar.
5. Sajikan.
VIII.ASPEK KEUANGAN
1.Aspek
Modal
-Bahan Baku Untuk /Porsi
Bahan kulit:
175 g tepung terigu Segi Tiga Biru
10 g gula pasir
1 sdt ragi instan
10 g susu bubuk
100 ml air
25 g margarine
1/2 sdt garam
175 g tepung terigu Segi Tiga Biru
10 g gula pasir
1 sdt ragi instan
10 g susu bubuk
100 ml air
25 g margarine
1/2 sdt garam
Bahan topping:
100 grm buah stroberi segar,
100 grm buah stroberi segar,
belah dua
200 grm Apple
100 grm selai stroberi
100 grm selai stroberi
50 grm kismis
60cc madu
1 iris jeruk lemon
50 grm keju cheddar parut, untuk taburan
1 iris jeruk lemon
50 grm keju cheddar parut, untuk taburan
- Modal
Bahan kulit + Bahan
topping + Ongkos angkut
Rp. + Rp. + Rp. =
Rp.
2.Perhitungan
Keuntungan
Harga jual : Rp. x porsi = Rp.
Harga Pokok Produk
perunit :
Harga beli bahan baku : Rp.
Harga beli bahan
tambahan : Rp.
Ongkos angkut
: Rp.
+
Rp.
Jumlah Hpp :
Rp. x /porsi
= Rp. -
Laba kotor = Rp.
Biaya penjualan :
Biaya pembuatan kotak
pizza : Rp.
Biaya sewa tempat :
Rp.
Biaya listrik dan air :
Rp.
Biaya komunikasi :
Rp.
Biaya lainnya :
Rp. +
= Rp.
Laba bersih =
Rp.
Perhitungan margin
keuntungan
Rp. x 100% = 46,66 %
Rp.
IX.PENUTUP
Harapan saya untuk
produk “ Pizza keju strowberi “ ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang
dan maju. Di samping itu, saya mengharapkan supaya produk makanan ini tidak
berkurang, karena produk ini sangat bagus dan berkualitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar